Friday, May 25, 2012

Deltras vs Persiwa : Tantang Badai Pegunungan , Dihadang Badai Cedera


Deltras Sidoarjo yang dilatih Blitz Tarigan kembali menghadapi tim kuat dari dataran tinggi Papua, Persiwa Wamena dalam lanjutan putaran kedua Indonesia Super League (ISL) 2011/2012.

Saat Deltras tengah menata ambisi menuai kemenangan, tiga pilar justru meninggalkan tim akibat cedera. Mijo Dadic (defender/Kroasia) dan Strecko Mitrovic (gelandang/Australia), belum bisa dipastikan tampil di Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu, 26 Mei 2012.

Kondisi itu diperparah dengan absennya Purwaka Yudi yang juga cedera. Padahal, Blitz sudah kehilangan bomber Sean Daniel Rooney di dua laga terakhir. “Situasi memang menyulitkan kami. Tapi, melihat pertandingan terakhir (imbang 1-1 menjamu Persipura), masih ada peluang untuk meraih kemenangan,” kata Blitz.

Keyakinan Blitz juga didorong dengan kembalinya Waluyo setelah absen akibat akumulasi kartu. Bek tengah yang turut mengantarkan Arema Malang meraih juara ISL musim 2009/2010 itu, diharapkan mampu memperkuat tembok pertahanan jika Mijo benar-benar absen.

“Dodok memang diplot sebagai pengganti, tapi dengan kehadiran Waluyo yang fisiknya jauh lebih segar, saya berharap bisa menutup kelemahan di belakang,” terang pelatih asal Medan tersebut.

Blitz memang berambisi menutup tiga episode negatif di kandang dengan kemenangan. Tak sekedar ambisi pribadi, ekspektasi tinggi Deltamania jadi lecutan agar tetap memberi dukungan.

“Kami sudah banyak kehilangan angka di laga kandang. Bukan hanya kami yang haus kemenangan, suporter juga sangat berharap,” sebutnya.

Pada putaran kedua ini, Deltras terakhir kali memperoleh kemenangan 1-0 saat away ke kandang PSAP Sigli (23/4). Setelah itu Budi Sudarsono dan kawan-kawan tidak pernah lagi merengkuh kemenangan. Ironisnya, semua terjadi di laga kandang. Padahal amunisi The Lobster sudah bertambah pasca masuknya tiga legiun asing baru.

Selain itu, hanya tambahan tiga angka yang bisa mengeluarkan Deltras dari papan bawah. Di putaran pertama, Budi Sudarsono dan kawan-kawan kalah tipis 1-2 di kandang Persiwa.

“Saya tidak mau terpaku pada hasil itu. Yang penting, spirit pemain sangat tinggi ingin bangkit. Saya percaya itu menjadi motivasi lebih di laga besok."

Taktik menempatkan Budi sebagai target man di skema 4-2-3-1 bakal kembali diterapkan. Bahkan Budi diharap mampu menjebol jala lawan setelah perannya sebagai tukang gedor justru diambil alih Koko Lomell.

Sementara tim tamu juga tidak mau menyerah sebelum 90 menit berakhir. Di partai terakhir, tim berjuluk Badai Pegunungan besutan Gomes Oliviera itu sempat tampil mengejutkan di kandang pemuncak klasemen Sriwijaya FC. Dua gol Shibakoya dan Erick Weeks nyaris saja menyamakan kedudukan.

Secara materi, SFC jauh lebih unggul dibandingkan Deltras. Karena itu, pelatih asal Brasil yang lama menukangi tim internal kompetisi Persebaya, tidak gentar dengan ambisi tuan rumah. Dua kekalahan partai terakhir dirasa sudah waktunya dihentikan.

“Kami akan tampil menyerang. Tambahan tiga poin akan mengangkat Persiwa ke posisi ketiga klasemen. Saya rasa itu cukup jadi modal motivasi,” terang Gomes. Satu-satunya ganjalan yang ada, masa istirahat Erick Weeks dan kawan-kawan sangat minim usai terbang dari Palembang.

Posisi kedua tim memang terpaut sangat jauh. Persiwa kokoh di peringkat empat dengan poin 43 dari 25 main. Atau seleisih satu poin dengan peringkat ketiga Persija Jakarta. Sedangkan Deltras, masih terengah-engah di peringkat 16 dengan 23 poin dari 23 kali main. Adi Yoga/Surabaya

Prakiraan Pemain:

Deltras (4-2-3-1):

58-Herman Batak (K); 4-Dodok Anang, 45-Waluyo, 3-Wahyu Gunawan, 23-Benny Wahyudi; 15-Khorul Mashuda, 6-Lancine Kone; 5-M Fachrudin, 16-Qischil Gandrum, 44-James Koko Lomell; 13-Budi Sudarsono

Persiwa (4-4-2):
20-Galih Firmansyah (K); 4-OK John, 27-Firli Apriansyah, 8-Shibakoya, 21-Richardo; 7-Hari Novian, 5-Imanuel Permenas, 15-Isak Konon, 50-Erick Weeks, 24-Eddy Foday Boakay, 49-Jaelani Arey

No comments:

Post a Comment